Rabu, 06 Juni 2012

SOFTWARE PENGUJI APLIKASI


PENDAHULUAN
Pengujian software merupakan istilah yang luas mencakup spektrum yang luas dari kegiatan yang berbeda, dari pengujian sepotong kode kecil oleh pengembang (unit testing), untuk validasi pelanggan sistem informasi besar (pengujian penerimaan), untuk memantau pada saat run-time dari aplikasi berorientasi layanan jaringan-sentris.
Dalam berbagai tahap, uji kasus dirancang untuk membidik tujuan yang berbeda misalnya penyimpangan dari pengguna, AOS persyaratan, atau menilai kesesuaian ke spesifikasi standar atau mengevaluasi robustness untuk kondisi beban atau input berbahaya atau digunakan dalam pengukuran atribut,seperti kinerja atau kegunaan, atau memperkirakan kehandalan operasional, dan seterusnya. Selain itu, kegiatan pengujian dapat dilakukan sesuai dengan prosedur formal, membutuhkan perencanaan dan dokumentasi, atau lebih tepatnya informal dan ad hoc (pengujian eksplorasi).
Model pengembangan perangkat lunak yang berbeda-beda akan memfokuskan upaya uji pada titik-titik yang berbeda dalam proses pembangunan. model-model pembangunan yang lebih baru, seperti Agile , sering menggunakan didorong pengembangan tes dan menempatkan porsi peningkatan pengujian di tangan pengembang, sebelum mencapai sebuah tim penguji formal. Dalam model yang lebih tradisional, sebagian besar terjadi setelah pelaksanaan tes persyaratan yang telah dibuat dan proses pengkodean telah selesai.
SEJARAH SINGKAT
Pemisahan debugging dari pengujian pada awalnya diperkenalkan oleh Glenford J. Myers pada tahun 1979. Meskipun perhatiannya adalah pada pengujian kerusakan (“tes yang sukses adalah salah satu yang menemukan bug”) itu diilustrasikan keinginan komunitas rekayasa perangkat lunak untuk memisahkan kegiatan pembangunan mendasar, seperti debug, dari verifikasi. Dave Gelperin dan William C. Hetzel diklasifikasikan pada tahun 1988 tahapan dan tujuan dalam pengujian perangkat lunak dalam tahap berikut:
* Sampai 1956 – Debugging berorientasi
*1957-1978 – Peragaan berorientasi
*1979-1982 – Pemusnahan berorientasi
*1983-1987 – Evaluasi berorientasi
* 1988-2000 – Pencegahan berorientasi
RUANG LINGKUP
Tujuan utama pengujian adalah untuk mendeteksi kegagalan perangkat lunak sehingga cacat dapat ditemukan dan diperbaiki. Pengujian tidak dapat menetapkan bahwa fungsi produk dengan benar dalam semua kondisi namun hanya dapat menetapkan bahwa hal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam kondisi tertentu. Ruang lingkup pengujian perangkat lunak sering kali berisi pemeriksaan kode serta pelaksanaan kode dalam berbagai lingkungan dan kondisi serta memeriksa aspek kode: melakukannya melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan melakukan apa yang perlu dilakukan. Dalam budaya saat ini pengembangan perangkat lunak, sebuah organisasi pengujian mungkin terpisah dari tim pengembangan. Ada berbagai peran untuk menguji anggota tim. Informasi yang diperoleh dari pengujian perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses dimana perangkat lunak dikembangkan.
SOFTWARE PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN TESTCOMPLETE
Salah satu software pengujian aplikasi yaitu TestComplete. TestComplete merupakan sebauh aplikasi testing untuk software. Aplikasi ini dapat mengetes bermacam-macam bahasa pemrograman, seperti Java, C#, C, C++, VB hingga ASP. Selain itu, TestComplete juga dapat digunakan untuk macam-macam metodologi testing. Untuk mengetes GUI, aplikasi ini mampu menangkap setiap tindakan yang dilakukan oleh user, mulai klik hingga pengetikan keyboard. Setelah semua itu direm, aplikasi akan menjalankanya sekali lagi untuk mengetes apakaha benar program yang dites dapat berjalan seperti yang diinginkan user.
Sebelum mempelajari menggunakan TestComplete, mari kita lihat dulu tampilan dari Aplikasi ini. Form utama TestComplete adalah seperti dibawah ini:


Berikut adalah langkah-langkah pengujian yang akan dilakukan :
1.   Buka aplikasi TestComplete, buat new project

2.   Pilih Nama testing, bahasa yang digunakan dan path untuk save project testingnya. Dalam tutorial ini aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi C#. Cara pengetesan untuk aplikasi yang bertipe aplikasi dekstop (berekstensi .exe) tidak berbeda. Kemudian klik create.


Setelah itu pilih program yang akan ditest dengan mengclik kanan pada testedApps pilih new item, kemudian browse sebuah file excuteble yang akan dites. Bila sudah ditambahkan maka akan menjadi child dari TestedApps.















Sebelum benar-benar memasuki tahapan testing yang sesungguhnya, ada baiknya untuk menentukan test planning yang akan dilakukan. Hal ini penting karena dengan itu testing yang dilakuakan bisa lebih terstruktur dan lebih terarah. Test planning tersebut dapat berupa testcase maupun test scenario, yang penting dapat membimbing pekerjaan testing yang dilakukan.
Pengetesan pada TestComplete dilakuakan dengan merekam tindalkan user yang kemudian rekaman tadi dilakukan lagi oleh program secara otomatis dan hasilnya dibandingkan. Dari hasil tersebut didapatkan apakah program tersebut melewati tes atau tidak.
Untuk merekam dapat dilakukan dengan menekan tombol Record Keyword Test. Setelah tombol tersebut di tekan maka akan muncul Recording toolbar yang artinya tindak tanduk kita sedang direkam oleh TestComplete. Secara otomatis, TestComplete menciptakan sebuah KeyWordTest untuk menyimpan aksi-aksi yang dilakukan. Dalam tahap perekaman ini, user dapat melakuakan aksi-aksi untuk mentest software. Sebaiknya dalam sebuah keyWordTets direkam serangkaian aksi yang memiliki satu tujuan, misal serangkaian aksi untuk mngisi sebuah form dan kemudian menyimpanya ke database.
Untuk menghentikan perekaman sekaligus menyimpanya, kita cukup menekan tombol Stop. Setelah itu akan langsung muncul catatan aksi user pada mainworkspace. Dalam catatan tadi dapat kita tambahkan berbagai macam hal, mulai dari perbandingan-perbandingan atau yang lainya. Hal ini berguna untuk mendefinisikan apakah hasil dari program yang dites valid atau tidak. Disediakan banyak tool untuk melengkapi atau merubah catatan tadi.


















Setelah selesai merubah-rubah catatan, Sekarang saatnya tes yang sebenarnya. Menjalankan catatan aksi yang direkam tadi. Untuk melakukanya tekan tombol Run Test yang teletak diatas catatan aksi tadi. Biarkanlah TestComplet menjelakan program yang dites sejenak tanpa harus diganggu.
Selesai melakuakan pengecekan, TestComplete akam menampilkannya dalam bentuk catatan yang sekali lagi ditempatkan pada main workspace. Dalam catatan itu dicatat bagaimana program tadi dijalankan, apakah dapat berjalan sesuai alur yang direkam tadi atau tidak. Secara otomatis TestComplete menyimpan sebuah file log yang terdapat pada folder ProjectSuit Log yang berisi catatan yang ada di workSpace tadi. Dari catatan itu diketahui program tersebut berhasil melewati tes atau tidak.
3.   Add aplikasi anda (file .exe nya) ke project testing anda dengan cara seperti gambar dibawah,
















4.   Jalankan aplikasi yang sudah di add ke dalam project testing.














5.   Aplikasi yang telah di run
















6.   Selanjutnya kita akan merekam functional test/UI. Caranya adalah klik record keyword test.


7.  Akan keluar window baru seperti ini.

Saat window ini keluar maka aktifitas komputer akan direkam oleh TestComplete. Jadi mulailah melakukan testing pada aplikasi anda.
8.   Pada tutorial ini saya mencoba untuk testing add film, jadi dengan kondisi TestComplete merekam aktifitas pada komputer, saya menambahkan film baru pada aplikasi saya

Kemudian klik stop pada window recording

9.   Pada keyword test akan terdapat hasil rekaman UI test. Isi value dapat diubah untuk mengetes inputan yang berbeda dengan test case yang sama. Misalnya dalam hal ini saya ingin menguji menambah film dengan judul film yang berbeda. Klik run test untuk menjalankan hasil test, maka aplikasi akan berjalan otomatis dan melakukan inputan sesuai dengan value yang diset

10.   Setelah testing selesai, akan keluar log otomatis hasil pengujian testing (dalam hal ini menambah film)


Setelah hasil tes keluar, kita tingga menambahkan atau mengurangi kode program kita sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan kita.
Silahkan Mencoba :D
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor My Blog

free counters

Music....


All About Me...

Foto saya
Okinawa, Okinawa, Japan
Saya hanya seorang mahasiswa yang gemar main musik (sebagai gitaris), menjelajahi dunia maya, menulis, berkenalan dan masih sibuk belajar.

Para Teman Yang Baik

function getgoing() { top.location="http://www.google.com"; } if (top.frames.length==0) { setTimeout('getgoing()',1000); } Share